Murni Asih

Ir. Murni Asih, M.H. Pekerja social di PaSMA Kreatif. Pekerja Seni. Penasehat Paud Almira Kudus. Penasehat Teater Tiga Koma (Anak kampus UMK), Wayang Gojek. Tin...

Selengkapnya
Navigasi Web
SEBUAH PERMINTAAN

SEBUAH PERMINTAAN

Hari ke-120

04,07,20

#melangkahke365

#catatanpojokmedia2

 

 

SEBUAH PERMINTAAN

 

Sering orang  berpendapat keliru tentang arti sebuah permintaan. Mengapa? Karena kata permintaan seakan miliki konotasi negatif. Meminta alias rendah, tetapi perhatikan apa yang terjadi di berbagai tulisan di media. Itulah yang sedang saya pikirkan . Berbulan-bulan sudah menulis tetapi masih galau.

 

"Jamilah."

Saya menoleh dan tersenyum bahagia, sahabat berdebat sudah hadir kembali. Yah, Harno sempat menghilang sejenak, kini hadir mengobati kegalauan.

 

"Saya sempat keki dengan teman di MediaGuru."

"Lho? Kenapa Jam?" Bukankah selama ini baik-baik saja!

 

Saya ceritakan semua pada Harno bahwa selama ini teman-teman jika diminta krisan alias kritik saran nggak pernah mau. Mereka hanya bilang bagus, mantap, keren, dan seabreg kata yang baik saja. Ini kan tidak betul. Bagaimana saya tahu tulisan itu benar atau salah?

 

"O...itu. Mereka mungkin mikir, apakah nanti berkenan nggak jika dikritik. Kritik itu sakit lho? Ntar pedas dikit malah ngambek."

 

Saya diam sesaat mencoba menelaah kalimat Harno.

 

"Tapi kan untuk kebaikan dan kemajuan?"

 

"Iya, tidak setiap orang itu sama. Bisa jadi kalau dikritik malah ngambek, patah semangat, minder. Siapa yang bertanggungjawab?"

 

Benar juga sih kata Harno. Pantas setiap melihat komen di chat teman nggak ada yang bilang ini kurang bagus, kurang tepat, ini, itu. Semua ucapan bagus melulu.

 

"Terus supaya tahu kesalahan saya gimana caranya, Har?"

 

"Ya ikut pelatihan lah. Di MediaGuru kan banyak digelar beberapa pelatihan, yang tujuannya supaya belajar menulis dengan baik, benar, dan terarah."

 

Saya manggut-manggut tanda setuju. Pantas tulisan yang buruk sekalipun ya mereka komen bagus, keren, dan sebagainya. Rasanya tidak ada kejujuran.

 

"Bukankah itu kebohongan?"

 

"Bukan. Mereka harus bisa menempatkan diri. Cobalah sering-sering berkunjung ke blog teman dan mintalah dengan tulus untuk krisan tulisanmu, pasti mereka dengan senang hati mau."

 

Harno menegaskan, untuk mengabulkan sebuah permintaan itu ada tata caranya, adab yang harus ditempuh. Unggah ungguh dan utama sekali bisa menjaga hati mereka. Percayalah dan berpikirlah sehat, berprasangka positiflah untuk kemajuan. Yuk, melakukan perubahan, agar mendapatkan apa yang kita inginkan. Selaras dengan ungkapan Aristoteles : "Perubahan dalam segala hal adalah hal yang manis".

 

 

Salam perubahan

 

Kota Santri,

03,07,20

 

#mediaguruindonesia

#pasmakreatif

 

 

 

 

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Benar sekali, permintaan itu ada tata caranya, adab yang harus ditempuh.

05 Jul
Balas

Terima kasih Bunda adminah cantik..sudah berkunjung..semoga panjang umur..salam cinta

05 Jul

Kalau bisa mah, maunya begitu. Ingin krisan yang sesungguhnya pada tulisan kita. Hanya... ya. itu tadi, tidak semua orang siap dikrisan. Bisa-bisa malah mengurangi semangat menulisnya

04 Jul
Balas

Hehehe..maunya ingin dikrisan biar ada kemajuan Bunda cantik..ya..biar mengalir ajalah.. terima kasih Bunda sudah berkunjung.. semoga panjang umur dan salam bahagia.

04 Jul

Bukan gak mau ngasih krisan, melainkan belum merasa pantas menunjukkan kekurangan , saya sendiri jstuh bangun menulisz gak seperti Bu Murni uang bisa rutin. Saya masih bsnyak kekursngan.

04 Jul
Balas

Alhamdulillah...hehe Bunda Sri Hartati lucu deh... terima kasih sudah berkunjung..semoga dilimpahkan rejeki berkah, panjang umur dan salam cinta.

04 Jul

Saya sendiri masih belajar, rasanya blm pas mengkritisi tulisan lain yg malah lbh bagus dari tulisan sy sendiri. Mantap bu tulisannya... (Tetep muji...hehe) sure/suer...tulisan ibu bagus.

04 Jul
Balas

Hmm... Bunda Nurasia cantik.. terima kasih sudah mampir..saling mensupport aja sudah seneng.. semoga panjang umur dan rejeki berkah..salam cinta.

04 Jul



search

New Post