Murni Asih

Ir. Murni Asih, M.H. Pekerja social di PaSMA Kreatif. Pekerja Seni. Penasehat Paud Almira Kudus. Penasehat Teater Tiga Koma (Anak kampus UMK), Wayang Gojek. Tin...

Selengkapnya
Navigasi Web
YUK, MEMBACA

YUK, MEMBACA

Day86

29,05,20

#tantanganGurusiana

 

YUK, MEMBACA

 

Membaca adalah salah satu cara untuk mengetahui luasnya alam jagat raya dan dapat menjelajah ilmu di berbagai belahan dunia. Bacalah buku apa saja yang anda suka, karena membaca merupakan salah satu modal utama seorang penulis. Hukumnya wajib bagi penulis, dengan membaca penulis akan tahu kesalahan terhadap tulisannya sendiri. Entah itu salah ketik, penggunaan titik, koma dan banyak hal dalam penulisan.

 

Percayalah, di dunia ini tidak ada penulis yang sempurna. Kesalahan selalu ada apalagi bagi penulis pemula. Bahkan penulis kondang yang sudah best seller pun pasti akan ada kesalahan dalam penulisannya. Kesalahan dalam teknik menulis itu sering terjadi, untuk itu janganlah minder. Teruslah berusaha memperbaiki diri dan salah satu cara jitu adalah dengan banyak membaca.

 

Sebagai penulis yang utama adalah tetap rajin menulis, peka terhadap kesalahan, menerima kritik yang diberikan,  mau belajar, dan memperbaiki. Penulis tidak hanya sekedar menulis tetapi mampu menjadi editing bagi dirinya sendiri.

 

Apa yang diperoleh dengan membaca? Tentu saja banyak ide yang ditemukan. Banyak pelajaran tata cara penggunaan titik, koma, tanda seru, tanda tanya, tanda petik, dan sebagainya. Menemukan hal-hal baru, berita baru, menjumpai kata-kata baru, menyerap ilmu tanpa disadari.

 

Bagaimana membaca yang baik? Bacalah tulisan orang lain untuk memperkaya diri dan menambah perbendaharaan  kata. Berkunjunglah ke blog-blog penulis lain atau website di berbagai media. Belajarlah sebanyak-banyaknya, carilah ilmu di sana. Perbanyak kunjungan ke blog teman juga menambah wawasan dan bisa saling mensupport.

 

Tidak hanya itu, membaca ternyata mampu mengelola cara berpikir kita. Menjadi lebih kritis, kreatif, inovatif, dan mengasah otak untuk selalu mencari menu yang terkini atau yang lagi tren. Semakin banyak membaca akan  menemukan kekurangan dan kelebihan kita dalam menulis. Kemudian berusaha memperbaikinya, demikian seterusnya sampai menemukan ciri khas tulisan diri sendiri.

 

Marilah  saling berbagi ilmu dan pengalaman untuk memperbaiki tulisan kita.  Terutama Bapak dan lbu jurusan  bahasa lndonesia jika tidak keberatan untuk berbagi ilmu. Mengapa? Tata bahasa sangat penting dan vital dalam sebuah penulisan. Atau siapapun yang miliki pengalaman bisa saling berbagi. 

 

Kenapa ini saya tekankan, karena tulisan kita akan dibaca oleh jutaan orang. Saya pun menyadari secara pribadi sangat banyak kekurangannya. Mari saling berbenah dan terus belajar.

 

Bersyukurlah kita diberi ruang oleh Bapak CEO Media Guru Indonesia seluas-luasnya untuk berkreasi dengan tulisan. Kebebasan menulis apa saja tanpa batas. Semua curahan hati dari yang terindah sampai paling sedih. Manfaatkan untuk saling berbagi apa saja demi kemajuan bersama. Yuk, kita terus belajar, membaca, berkarya, dan menulis.

 

 

Salam membaca.

 

Kota Santri,

29,05,20

 

 

#tantanganGurusiana90hari

#tantanganGurusianake86

#menulisituberkah

#menulisitukreatif

#menulisitusehat

#pasmakreatif

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantul bu... tak bisa berkata-kata lagi. Teruslah membaca... terima kasih bu untuk pembelajaran ini

01 Jun
Balas

Wah,,mantap, dengan membaca ,akan banyak mendapat ilmu..kemudian jd pandai dan segera berkarya..mantap...apik bu..salam

30 May
Balas

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca..hehe biar cepetan pintar kayak Bapak..salam semangat

30 May

Luar biasa bu... Membaca juga adalah wahyu Alloh yang pertama yang diturunkan kepada Nabi Kita Muhamad SAW.. ...salam literasi, sukses selalu buat ibu..

29 May
Balas

Terima kasih Pak Dodi, di sini kami banyak kurangnya jadi harus banyak belajar dan salah satunya dengan membaca..hehe. Terima kasih sudah berkunjung semoga bahagia dan panjang umur, salam semangat..aamiin ya robbal'alamin.

30 May



search

New Post